Komandan STTAL Hadiri Upacara Hari Armada 2021

oleh -26 Dilihat

SURABAYA – Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M. Tr. Opsla., dihadapan pasukan upacara prajurit cakrawati samudera, pengawal Armada Republik Indonesia menghadiri upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021.

Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono berlangsung di depan Gedung Pangkoarmada II di Dermaga Madura Ujung Surabaya, dihadiri Para Pejabat Utama Mabesal, Pejabat TNI Angkatan Laut Wilayah Surabaya serta undangan Forkopimda Jawa Timur. Senin (6/12/2021).

Upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia 2021 merupakan perwujudan bangsa bahari bangsa yang kesibukannya dilaut, kobaran semangat para ksatria perkasa ditengah samudera dengan gelora semboyannya, “Ghora Wira Madya Jala” pekikan semboyan yang dikumandangkan Kasal dengan di ikuti para prajurit peserta upacara.

Mengawali amanat ini marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya, kita dapat mengikuti acara perwujudan Hari Armada RI Tahun 2021 dalam keadaan sehat walafiat, Perayaan Hari Armada R.I Tahun ini mengangkat Tema “Armada R.I Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju”.

Momentum yang sangat tepat untuk Jajaran TNI Angkatan Laut, untuk merefleksikan diri, melakukan intropeksi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan pencapaian tugas-tugas yang telah dilaksanakan, sekaligus merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada Republik Indonesia, sehingga dapat senantiasa melaksanakan tugasnya selaku Cakrawati Samudera dengan gemilang meskipun ditengah pandemi covid-19.

Ksatria pengawal samudera Armada R.I harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan terlebih yang berniat merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara dilaut.

Sebagai prajurit Jalasena Armada R.I harus siap setiap saat menjalankan amanat rakyat menjaga lautan nusantara, karena kita adalah tulang punggung kejayaan maritim Indonesia, seperti yang dikatakan Bung Karno, ” Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai samudra”, Armada R.I harus mampu mengawal dan melindungi setiap yard lautan nusantara, harus dilengkapi dengan armada kapal-kapal perang yang modern, namun semangat untuk terus membangun Armada yang perkasa tidak akan surut, kita akan membangun armada yang mampu menjaga laut nusantara dari sabang sampai merauke.

Kekuatan armada yang deru mesinnya terdengar dilaut mediterania, armada yang ular-ular perangnya berkibar dilaut natuna utara, diselat malaka, diperairan ambalat, dilaut aru, disetiap jengkal perairan Indonesia, untuk itu para prajurit Jalasena, cintai armada ini, rawatlah kapal-kapal perang dengan penuh rasa bangga, karena mereka kuda-kuda perang yang akan menggulung lawan bagaikan badai di lautan, isi diri dengan berlatih, berlatih, berlatih dan buktikan kepada rakyat Indonesia bahwa prajurit Jalasena layak menyandang predikat sebagai “Ksatria Perkasa di tengah Samudera” Ghora Wira Madya Jala, mengakhiri amanatnya, ” tegas Laksamana TNI Yudho Margono.

Upacara Hari Armada R.I Tahun 2021 ini melibatkan 1020 personel yang dimeriahkan parade Alutsista antara lain Heli Phanter AS 565 MBE, 2 Thank Amfibi BMP-3F, 2 LVT-7A, dan 2 Roket Multi Laras (MLRS) RM 70 Vampire, serta Demo Gabungan Passus TNI-Polri yang terdiri dari Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Phaskas dan Gegana Brimob melaksanakan Full Mission Profile dan Fun Jump, dengan Baground Kapal Perang KRI Ahmad Yani-351, KRI Diponegoro-365, KRI Usman Harun-359 yang sandar di Dermaga Madura Ujung.

Dilanjutkan rangkaian acara Kasal berdialog secara virtual dengan para prajurit TNI AL yang bertugas di KRI SIM yang saat ini sedang bertugas di MTF/Libanon, KRI Bung Tomo dalam Operasi Sagara/Natuna dan Satgas Marinir di Ambalat (Sebatik), Satgas udara Ambalat di Tarakan, Lanal Sabang, Lanal Rote dan Lanal Timika.

Editor : Bagus
Sumber : Bapen STTAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.