Ulfan Refianur : Gagak Bersatu Siap Jaga Kondusifitas Pembangunan IKN Nusantara

oleh -9 Dilihat

Balikpapan-, Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) diyakini akan meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat Kalimantan secara berkelanjutan.

Ulfan Refianur Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu (Gagak Bersatu) kota Balikpapan menerangkan, Pemberdayaan ekonomi di Balikpapan bisa dilihat dari peningkatan tenaga kerja yang masuk seiring dengan perkembangan pembangunan di IKN dan berkurangnya angka pengangguran pasca pandemi Covid-19.

” Berkaitan tenaga kerja lokal Kaltim yang akan dilibatkan dalam pembangunan IKN Nusantara, untuk Helper seharusnya tidak ada lagi 70:30 karena memang undang-undang di Balikpapan ini tenaga kerja masih tidak seperti di daerah lain kalau perlu untuk Helper harus 100% lokal. Jika memang tenaga ahli tidak ada di sini, silahkan bawa dari luar namun diutamakan warga lokal Kalimantan,” ucapnya pada Senin (04/07/2022)

Selain masalah tenaga kerja, peningkatan juga dirasakan pada penyediaan barang produk dalam negeri dan UMKM di Kalimantan Timur. Di Balikpapan sendiri, segala macam produk oleh-oleh banyak diburu oleh pembeli wisatawan lokal yang berkunjung ke titik 0. Terutama makanan khas Balikpapan seperti
kepiting soka, mantau, amplang termasuk juga amplang ikan bandeng.

Pemuda yang kerap disapa Ulfan menambahan, Peningkatan ekonomi masyarakat sekitar memang sudah seharusnya seperti itu, hal ini juga bisa mereduksi konflik akibat terjadinya kecemburuan sosial. Dengan adanya kegiatan pembangunan maupun banyaknya wisatawan lokal akan meningkatkan pemberdayaan semua potensi masyarakat lokal baik itu produk lokal maupun tenaga kerja lokal.

” Sebagai tokoh masyarakat di Kaltim saya mendorong dan mendukung pembangunan IKN Nusantara agar segera terealisasi sesuai dengan target, Bahkan Gagak se- Kalimantan Timur dan se- Kalimantan Utara melalui DPP bahkan DPW-DPW Gagak yang ada di Kalimantan siap menjadi Garda terdepan apabila ada yang ingin mengganggu atau menolak pembangunan IKN, Gagak siap mendukung TNI/polri menjaga kondusifitas di wilayah Kaltim dan IKN Nusantara,” pungkasnya. (Ba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.